Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Takbiran Memakai Tabuhan atau Musik

Diskripsi masalah: 

Sering kita jumpai pada hari raya, takbiran diiringi dengan tabuhan (musik) seperti beduk, kentongan dan lain sebagainya.

Pertanyaan: 

Bagaimana hukum tabuhan tersebut?
Kalau dianggap syiar, sampai dimanakah batasnya?

Jawaban:

Hukum tabuhan untuk mengiringi takbiran tersebut dapat ditafsil:
a. Bila memakai alat malahi (musik) yang diharamkan, maka hukumnya haram mutlak.
b. Bila tidak memakai alat malahi yang diharamkan, maka ada tiga pendapat: haram, makruh dan khilaful aula (bertentangan dengan keutamaan). Maka dari itu tabuhan tersebut sebaiknya ditinggalkan, sebagaimana dijelaskan oleh imam Ibnu Hajar.
Tabuhan tersebut tidak dianggap syiar, yang menjadikan syiar pada malam hari raya adalah membaca takbir. Dan takbir itu sendiri disunatkan di mana-mana tempat.

Keterangan:

Adapun batas-batasnya/waktu membaca takbir adalah:
Mulai terbenamnya matahari pada malam hari, sampai dilaksanakannya sholat hari raya, pada Idul Fitri (1 Syawal).
Setiap selesai melakukan sholat fardlu, sunat dan sholat jenazah, mulai dari  shubuh hari arofah sampai waktu Ashar pada hari terakhir Tasyrik (13 Dzul Hijjah), untuk Idul Adlha.

Referensi: Hujjatullohil Balighoh, juz II, hal. 521
Ithafus Sadatil Muttaqin, juz VI, hal. 464
Bughyatul Mustarsyidin, hal. 284
As-Syarqowi, juz I, hal. 185
Al-Bajuri, juz I, hal. 227

حجة الله البالغة، ج 2 ص 521
(الملاهى محرم ومباح) فالملاهى نوعان: محرم وهى الآلات المطربة كالمزامر ومباح وهو الدف والغناء فى الوليمة ونحوها من حادث سرور. اهـ

اتحاف السادة، ج 6 ص 464
وفى التغنى لاسماع نفسه ولدفع الوحشة خلاف بين المشايخ منهم من قال انما يكره ماكان على سبيل اللهو -إلى أن قال- نعم إذا قيل ذلك على الملاهى امتنع وان كان مواعظ وحكما للآلات لالذلك التغنى. اهـ

بغية المسترشدين، ص 284
واما ضرب الخشب بعضه على بعض نقل سم حرمته كالضرب بالصفاقتين وهما قطعتا صفر تضرب احداهما على الاخرى ويسمى الصبخى وأفتى ابن حجر بحرمة ضرب الأقلام على الصين وضرب قطعة منه على الاخرى وبالجملة فكل ذلك اما حرام أو مكروه أو خلاف الأولى. اهـ

بغية المسترشدين
وأما الضرب بالدف فصرح ابن حجر بأن المعتمد حله بلاكراهة فى عرس وختان وغيرهما وتركه أفضل. اهـ

الشرقاوى، ج 1 ص 185
والتكبير أولى ما يشتغل به لأنه ذكر الله تعالى وشعار اليوم. اهـ

الباجورى، ج 1 ص 227
ويكبر ندبا كل من ذكر وأنثى وحاضر ومسافر فى المنازل و الطرق والمساجد والأسواق من غروب الشمس من ليلة العيد أى عيد الفطر ويستمر هذا التكبير إلى أن يدخل الإمام فى صلاة العيد -إلى أن قال- ويكبر فى عيد الأضحى خلف الصلوات المفروضة من مؤدات وفائتة وكذا خلف راتبة ونفل مطلق وصلاة جنازة من صبح يوم عرفة إلى العصر من آخر أيام التشريق. اهـ

Post a Comment for "Hukum Takbiran Memakai Tabuhan atau Musik"