Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Sulam Alis Dalam Islam - Bahtsul Masail

Deskripsi masalah

PEREMPUAN yang senang berdandan pasti tahu bahwa hal yang paling penting dalam ber-make up adalah membuat alis. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mempercantik alis, diantaranya adalah sebagai berikut :

TATO ALIS

Pada era 90-an, mentato alis menjadi tren dan menjadi solusi jempol untuk membentuk alis yang ideal. Sayangnya, hasil tato alis terlihat tidak alami. Bahkan jika tato alis dikerjakan oleh orang yang kurang ahli, tato alis berisiko membuat wajah terlihat lebih tua.

Menurut Shirley, pemilik Shirley Beauty, tato alis bentuknya sangat kaku, dan warnanya pun terlihat tidak alami. Selain itu, tato alis juga dapat menimbulkan alergi akibat zat warna yang digunakan. Karena itulah banyak perempuan yang mulai beralih ke teknik sulam alis.

SULAM ALIS

Prinsip sulam alis terbilang cukup sederhana dan berfungsi layaknya hair extension yang mampu menggantikan alis-alis rambut, menyisipkannya di tengah-tengah rambut alis asli dan membuatnya terlihat lebih tebal sekaligus alami.

Ada satu teknik dipilih yaitu kreatif tiga dimensi. Teknik ini sama seperti sulam alis yang telah muncul terlebih dahulu. Hanya saja, teknik ini membuat alis yang terbentuk terlihat sangat alami seperti bulu-bulu alis. Bentuk alis mata lebih berdimensi, tebal dan tipisnya mendekati alis aslinya. Teknik ini juga memberikan lengkung alis mata yang ideal dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Padahal proses pengerjaannya hanya waktu 45 menit sampai 1 jam.

Alat yang digunakan untuk teknik sulam alis ini pun sangat sederhana dan jauh dari kesan menyeramkan. “Alatnya hanya sebesar pena, dilengkapi dengan motor penggerak atau dinamo di dalamnya. Jarum yang digunakan juga sangat tipis,” terang Shirley.

Teknik sulam alis menggunakan alat khusus (embriodery machine) yang menghasilkan garis salur-salur di bagian epidermis atau kulit bagian luar. Alat ini memiliki pensil unik yang bisa bergerak dengan kecepatan tinggi untuk menggambar alis sesuai dengan yang diinginkan. Pada ujung alat tersebut telah dioleskan tinta khusus yang terbuat dari bahan-bahan alami dan berfungsi sebagai pewarna. Tinta ini juga dapat disesuaikan dengan warna alis yang asli. Dan inilah yang membuat sulam alis terlihat lebih alami dan lebih populer dibandingkan tato alis.

Pertanyaan

Bagaimana hukum melakukan sulam alis atau tato alis seperti dalam deskripsi di atas?

Jawaban

Sulam alis atau tato alis menurut Madzhab Syafiiyah hukumnya haram, karena mengandung beberapa unsur larangan, antara lain:

Taghyir li kholqillah (merubah ciptaan Allah)

An-Namshu (mencukur alis) untuk memperindah.

√ Al-Wasymu (tato)

√ Jarhu li ghoiri al-hajat al-mathlubah (melukai bukan dalam rangka hajat)

Catatan:

> Menurut Imam al-Adawi dari kalangan Madzhab Malikiyah, larangan dalam hadits Rasulullah Saw khusus bagi wanita yang sedang mengalami iddatul wafat (waktu tunggu karena suaminya meninggal dunia)  dan wanita yang suaminya tidak jelas kabarnya (mafqud).

> Sulam alis  atau tato alis dengan tujuan/motif mengikuti trend (tazyin li al-ajanib) menurut madzhab Syafi'iyah dan Malikiyah adalah haram.

1.    فتح الباري | جـ 10 صـ 443 دار المنار

قال الطبري لا يجوز للمرأة تغيير شيء من خلقتها التي خلقها الله عليها بزيادة أو نقص التماس الحسن لا للزوج ولا لغيره كمن تكون مقرونة الحاجبين فتزيل ما بينهما توهم البلج أو عكسه ومن تكون لها سن زائدة فتقلعها أو طويلة فتقطع منها أو لحية أو شارب أو عنفقة فتزيلها بالنتف ومن يكون شعرها قصيرا أو حقيرا فتطوله أو تغزره بشعر غيرها فكل ذلك داخل في النهي وهو من تغيير خلق الله تعالى قال ويستثنى من ذلك ما يحصل به الضرر والأذية كمن يكون لها سن زائدة أو طويلة تعيقها في الأكل أو إصبع زائدة تؤذيها أو تؤلمها فيجوز ذلك والرجل في هذا الأخير كالمرأة وقال النووي يستثنى من النماص ما إذا نبت للمرأة لحية أو شارب أو عنفقة فلا يحرم عليها إزالتها بل يستحب قلت وإطلاقه مقيد بإذن الزوج وعلمه وإلا فمتى خلا عن ذلك منع للتدليس

2.    أسنى المطالب في شرح روض الطالب | جـ 1 ص 173

 ويحرم على المرأة التنميص فعلا وسؤالا لخبر الصحيحين السابق إلا بإذن زوج أو سيد وهو الأخذ من شعر الوجه والحاجب للحسن وتحريم ذلك مع التفسير المذكور من زيادته ولو زاده قبل قوله إلا بإذن زوج أو سيد كان أولى وعطف الحاجب على ما قبله من عطف الخاص على العام ويستثنى من تحريم ما ذكر بقرينة ما يأتي اللحية والشارب

3.    إسعاد الرفيق | جـ 2 صـ 123

قال العلامة الكردي بعد أن نقل نحو ذلك عن الزواجر وقد علمت مما قدمته لك آنفا عن شرح الروض أن النمص كغيره والراجح في المذكورات كلها الحل بإذن الحليل والحرمة بغير إذنه إلا الوصل بشعر نجس أو شعر أدمي وإلا الوشم فإن ذلك حرام مطلقا والله أعلم
.    المنتقى | جـ 4 صـ 368

ومن هذا الباب الوشم وهو ممنوع والوشم النقش في اليد والذراع ، أو الصدر والدليل على ذلك ما روي عن عطاء بن يسار عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم : لعن الله الواصلة والمستوصلة والواشمة والمستوشمة وقال : ابن نافع الوشم في اللثة ومعنى ذلك أن هذا معنى باق كالخلقة ومن ذلك التفلج وروى علقمة عن عبد الله بن مسعود أنه قال : لعن الله الواشمات والمستوشمات والمتفلجات للحسن المغيرات خلق الله ، ما لي لا ألعن من لعن النبي صلى الله عليه وسلم .  ( مسألة ) وهذا فيما يكون باقيا وأما ما كان لا يبقى وإنما هو موضع

Post a Comment for "Hukum Sulam Alis Dalam Islam - Bahtsul Masail"