Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyentuh Alquran yang Ada Didisket

Bahtsul Masail

Diskripsi masalah: 

Dewasa ini alat-alat informasi dan komunikasi semakin canggih, sehingga ayat-ayat al-Qur`an dapat diprogram dalam bentuk disket (disket al-Qur`an).

Pertanyaan: 

a. Bagaimana hukumnya menyentuh disket al-Qur`an tersebut bagi orang yang hadats?
b. Bagaimana pula hukum mengoperasikannya?

Jawaban:

a. Bila dalam disket tersebut terdapat tulisan al-Qur`an yang mudah dibaca (tanpa adanya masyaqqot yang sangat) dengan tanpa alat pembesar, maka bagi orang yang hadats Haram menyentuhnya.
b. Hukum mengoperasikannya diperbolehkan dengan syarat:
a. Di dalamnya tidak terdapat tulisan-tulisan yang mudah dibaca (tanpa adanya masyaqqot yang sangat).
b.  Terdapatt tulisan yang mudah dibaca, namun tidak menyentuh tulisannya atau pada perkara yang muhadzi (menepati arah) terhadap tulisan tersebut.

Referensi:
Fathul Jawad, juz I, hal. 55
Bujairomi alal Manhaj, juz I, hal. 48

 فتح الجواد، ج 1 ص 55

ويمنع المحدث (بالغا حمل مصحف وحمل لوح) كتب عليه قران (قوله لوح) يتردد النظر فى انه اذا مسح فبقى فيه اثار الحروف فهل يبقى تحريم نحو المس والحمل او لا؟ والذى يتجه ان تلك الاثار ان كانت على صفة تقصد كتابة مثلها عرفا للدراسة بأن كانت تقرأ من غير كبير مشقة بقي التحريم والا فلا بخلاف مالو خفيت جدا بحيث لايمكن قراءتها الا بمشقة شديدة فان مثل هذا لاتقصد كتابته فى الالواح ولا عبرة به. اهـ

 البجيرمى على المنهج، ج 1 ص 48

(و) مس (ظرفه) كصندوق (وهو فيه) لشبهه بجلده وعلاقته كظرفه (و) مس (ماكتب عليه قران لدرسه) كلوح لشبهه بالمصحف اهـ. (قوله ومس ظرفه) اى المعد له وان زاد على حجمه بخلاف غير المعد فلا يحرم الا مس المحاذى فقط (قوله غير المعد) الذى تحرر فى الدرس فى الظرف انه ان هيء له حرم مس كله ان عده العرف ظرفا له فى العادة اهـ. شيخنا قومسى (قوله كلوح) يؤخذ منه انه لابد أن يكون مما يكتب فيه عادة فلو كتب على عمود قران للدارسة لم يحرم مس غير الكتابة. اهـ

Post a Comment for "Menyentuh Alquran yang Ada Didisket"