Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Menambah Lafaz Takbir di Hari Raya


Bahtsul Masail

Seperti yang telah kita ketahui bersama menurut keterangan yang ada di  dalam  Kitab-kitab Fiqih, bahwa  takbiran itu ada dua macam,  yaitu Muqayyad dan Mursal. Adapun Muqayyad yaitu takbiran yang di baca Aqibas Sholat (seusai Sholat), namun kebanyakan yang terjadi di masyarakat di baca sebelum melaksanakan sholat untuk puji-pujian.

Pertanyaan :

b. Bagaimana hukumnya lafadz lain yang di sisipkan dalam takbiran seperti : ولو كره المنافقون ولو كره المشركون  dan terkadang di tambah               أصلى سنة لعيد الفطر ركعتين إلخ
(PP. Mahir Arriyadl R. Agung)

Jawaban :

b. Hukumnya tambahan  lafadz lain seperti   ولو كره ..إلخ adalah boleh, bahkan Sunnat, karena masih termasuk tambahan yang di anggap pantas dan sesuai  (مناسبة) dengan lafadz dan makna takbir di waktu hari raya.


Referensi :
Al- Futuhat Ar-Robbaniyah  Juz II Hal. 239- 240.
At-Tausyih Hal. 84-85.
 
الفتوحات الربانية للشيخ العالم العلامة محمد بن علان الصديقي الشافعي الاشعري المكي  
لفظ التكبير ان يقول الله اكبر الله اكبر هكذا ثلاثا متواليات ويكرر هذا على حسب ارادته قال الشافعى والاصحاب فان زاد فقال الله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا لا اله الا الله ولا نعبد الا اياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون . لا اله الا الله وحده صدق وعده ونصر عبده وهزم الاحزاب وحده لا اله الا الله والله اكبر كان حسنا .

التوشيح للشيخ محمد نووى بن عمر الجاوى
{واعز جنده} وهم المسلمون وهذه الكلمة قيل أنها واردة وقيل لم ترد  فى شيء من كتب الحديث لكنها زيادة لا بأس بها {وهزم الاحزاب} –الى ان قال- لأن تلك الزيادة مناسبة لذلك الوقت .
بغية المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر
{مسئلة ك} تباح الجماعة بنحو الوتر والتسبيح فلا كراهة فى ذلك ولا ثواب نعم ان قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب واي ثواب بالنية الحسنة فكما تباح الجهر فو موضع الإسرار الذى مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة وكما يثاب فى المباحات اذا قصد بها القربة كالتقوى بالأكل على الطاعة هذا اذا لم يقترن بذلك محذور كنحو إذاء او اعتقاد العامة مشروعية الجماعة وإلا فلا ثواب بل يحرم ويمنع منها. 

Adapun lafadz 
 أصلى سنة لعيد الفطر ركعتين …إلخ   
itu sisipan bukan tambahan takbir, maka hukumnya juga boleh jika diletakkan pada tempat yang pantas yaitu ketika sholat hendak dimulai. Bahkan sunnat bila ada tujuan ta’lim oleh Imam.
Referensi : Sama dengan atas


Post a Comment for "Hukum Menambah Lafaz Takbir di Hari Raya"