Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjual Azimat yang Hanya Berfungsi 3 Hari

Dizaman yang semakin banyak tindakan kekerasan akibat dari krisis ekonomi yang berkepanjangan banyak sekali orang–orang yang mencari ilmu kekebalan baik yang berupa hizib –hizib atau bacaan ataupun yang berupa azimat , pada suatu ketika ada seseorang yang membeli azimat kepada seorang kiyai , membuktikan azimat tersebut pada waktu itu juga dengan menyuruh pembeli memakai azimat dan membacok dengan senjata tajam ternyata memang nyata- nyata tidak mempan, kiyai berjanji apa bila azimat tersebut tidak ampuh disuruh mengembalikannya. Pada hari-hari pertama (sekitar tiga hari dari pembelian) memang terbukti keampuhan zimat tersebut namun pada hari berikutnya ternyata azimat tersebut tidak ampuh.

Pertanyaan :

1.      Apakah keampuhan yang hannya tiga hari tersebut termasuk ‘aibul mabi’?
2.      Bolehkah bagi si pembeli menuntut sang kiyai untuk mengembalikan keampuhan azimat tersebut ?

Jawaban :

1.      Termasuk ‘aib ( cacat)
2.      Tidak boleh karena ‘aib tersebut terjadi di tangan pembeli.

Ketarangan:

1.      Asyarwani IV hal.
2.      AL-Fiqh Islami IV /262
3.      AL- Bajuriy I /362
الشروانى 4
وهو وجود كل ما ينقض العين أوالقيمة نقصا يفوت به غرض صحي
الفقه السلامى 4/262
شروط ثبوت الخيار العيب : يشترط لثبوت الخيار العيب بعد الإ طلاع على العيب شروط هى : وجود العيب قبل العقد أو بعده قبل التسليم أى أن يكون قديما فلو حدث العيب بعد التسليم أوعند المشترى لا يثبت الخيار ألخ.
الباجورى 1/362
(قوله موجود قبل القبض ) أى قبل تمامه سواء قارن العقد أو حدث بعده وقبل القبض لأن المبيع حينئذ من ضمان البائع ومثل ذلك ما إذا حدث بعد القبض وكان الخيار للبائع وحده إلى أن قال ولو حدث عند المشترى عيب أخر سقط الرد القهرى ثم إن رضى البائع الحادث رد عليه المشترى بلا أرش له 

Post a Comment for "Menjual Azimat yang Hanya Berfungsi 3 Hari"