Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khutbah Indonesia - Sya'ban Bulan yang Terlupakan

الخطبة الاولى

اَلْحَمْدُ لِله مُدَبِّرِ اللَّيَالِي وَالْأَيَّامِ، وَمُصَرِّفِ الشُّهُوْرِ وْالْأَعْوَامِ، الْمُتَفَرِّدِ بِالْكَمَالِ وَالتَّمَامِ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ. نَشْهَدُ اَنَّهُ بَلَغَ الرِّسَالَةِ، وَأَدَّى الْأَمَانَةِ، وَنَصَحَ الْأُمَّةِ، وَكَشَفَ عَلَيْنَا مِنَ الدِّيْنِ الْغُمَّةَ، اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ الشَّفَاعَةِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَة.

اَمَّا بَعْدُ : فَيَا عِبَادَ اللهِ اُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ تَعَالَى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ : وَاتَّقُوْا يَوْماً لاَّ تَجْزِي نَفْسٌ عَن نَّفْسٍ شَيْئاً وَلاَ يُقْبَلُ مِنْهَا عَدْلٌ وَلاَ تَنفَعُهَا شَفَاعَةٌ وَلاَ هُمْ يُنصَرُونَ

Jamaah sidang jumat yang dimuliakan Allah

Pada kesempatan kali ini kami berwasiat kepada diri pribadi dan kepada jamaah sekalian agar senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah dengan sebaik-baiknya. Yakni selalu mengutamakan perintah-Nya mengalahkan urusan-urusan pribadi yang bersifat duniawiyah, mengalahkan pekerjaan, bisnis, dan segala kepentingan-kepentingan lainnya. Dan berusaha menjauhi semua larangan-Nya, karena sebagian ulama mengatakan bahwa inti dari taqwa adalah menjauhi semua larangan Allah swt. Dengan menjauhi larangan maka kita akan diberi taufiq atau kemudahan untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya. 

Dalam kondisi apapun, taqwa menjadi kunci utama menghadapi dunia dengan segala tipu dayanya. Allah Swt berfirman:

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْراً

Artinya: Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia(Allah) menjadikan untuknya kemudahan dalam urusannya. (QS. At-Thalaq: 4)

Yakni sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Atho’: Orang yang bertaqwa akan diberikan kemudahan urusan dunia dan akhirat. 

Jamaah sidang jumat yang dimuliakan Allah

Ramadan bulan mulia yang ditunggu seluruh umat islam kian dekat menyapa. Sebelumnya, kami berpesan kepada jamaah dan segenap masyarakat yang mendengar khutbah ini, yang masih mempunyai tanggungan puasa tahun lalu agar segera menqadha’ atau melunasinya, baik karena udzur atau tanpa udzur. Selama belum memasuki Ramadan besok, kita masih diperbolehkan menqadha’ puasa tahun lalu. Menqadha’ puasa ibarat melunasi hutang yang wajib dibayar oleh orang yang berhutang. Diceritakan dari Aisyah ra, beliau berkata: 

كَانَ يَكُونُ عَلَىَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِيَهُ إِلاَّ فِى شَعْبَانَ 

Artinya: Saya mempunyai tanggungan puasa Ramadan tahun lalu, lalu saya tidak bisa menqadha’nya kecuali pada waktu Sya’ban 

Jamaah sidang jumat yang dimuliakan Allah

Hadis di atas menunjukkan kewajiban qadha’ tidak harus dilakukan langsung setelah hari raya Idul Fitri, melainkan bisa dilakukan secara tarakhi atau ditunda baik karena adanya udzur atau tanpa udzur, akan tetapi jangan kita menunda-nunda sampai masuk pada Ramadan berikutnya. Bersegera melunasi hutang puasa lebih utama mengingat kita tidak pernah tahu kapan hidup ini tiada. Bersegeralah melunasi puasa agar tanggungan bisa gugur dan kita bisa menghimpun pahala-pahala ibadah lainnya.  

Dan apabila kita sampai menunda qadha’ puasa sampai pada Ramadan berikutnya. Bila menundanya disebabkan udzur seperti sakit yang tak kunjung sembuh atau orang tua rentah yang sudah tidak mampu puasa, maka kita wajib qadha saja tanpa adanya dosa dan tanpa harus membayar fidyah. Namun bila tanpa udzur maka kita mendapatkan dosa, dan tetap diharuskan menqadha’ serta ditambah membayar fidyah.

Jamaah sidang jumat yang berbahagia

Dalam khutbah kali ini kami berpesan agar senantiasa berusaha menjaga istiqamah dalam beribadah dan berbuat kebajikan. Baik di bulan-bulan mulia seperti Dzulhijjah, Dzulqo’dah, Muharram, Rajab dan Ramadan atau pada bulan-bulan biasa lainnya. Pada bulan-bulan tersebut pahala ibadah kita dilipatgandakan. Pastinya membuat kita umat islam semangat ibadah untuk menghimpun pahala sebanyak-banyaknya. Hal demikian baik, namun alangkah baiknya bila kita konsisten dalam semangat ibadah, kapan pun dan di mana pun. Terlebih pada bulan Sya’ban karena pada bulan ini banyak umat islam yang lalai, atau bahkan ada yang sengaja tidak berusaha beramal atau beribadah dengan mengandalkan bulan Ramadan yang dianggap bulan penuh pahala. Sementara Amal ibadah bukan selalu soal banyaknya pahala yang akan kita dapatkan melainkan juga tentang ridha Allah dan keistiqmahan kita dalam menjalankan taqwa kepada-Nya. Dalam sebagaian riwayat disebutkan, bahwa sebaik-baik amal adalah yang istiqamah meskipun amal tersebut sedikit. Karena amal yang banyak yang hanya dilakukan satu kali rentan disusupi oleh hawa nafsu atau kepetingan pribadi semata. 

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka konsisten dengan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat turun kepada mereka(sembari berkata), “Janganlah kalian merasa takut dan janganlah kalian bersedih dan bergembiralah kamu dengan surga yang dijanjikan untuk kalian.” (QS. Fusshilat: 30)

Jamaah sidang jumat yang dimuliakan Allah

Bulan Sya’ban menjadi bulan yang sering dilupakan oleh umat islam karena dihimpit oleh dua bulan mulia, yakni Rajab dan Ramadan. Terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan An-Nasai dan Abu Dawud yang dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Usamah bin Zaid berkata: “Wahai Rasulullah, Aku tidak melihatmu berpuasa di bulan-bulan lainnya sebagaimana engkau berpuasa pada bulan sya’ban?” Beliau menjawab: 

ذَالِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبَ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِيْ وَأَنَا صَائِمٌ

“Hal tersebut karena bulan (Sya’ban) ini berada di antara Rajab dan Ramadan yang kebanyakan orang melupakannya. Bulan Sya’ban adalah bulan yang di dalamnya dilaporkan amal-amal manusia kepada Allah Tuhan semesta alam, maka aku ingin amalku dilaporkan dalam kondisi berpuasa.

Sayidah Aisyah ra berkata: 

لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - فِى الشَّهْرِ مِنَ السَّنَةِ أَكْثَرَ صِيَاماً مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya: Rasulullah saw dalam sebulan dari setahun tidak lebih banyak berpuasa seperti saat di bulan Sya’ban.

Dalam hadis tersebut, Rasulullah memberitahukan kita akan kesunahan berpuasa pada bulan Sya’ban. Di samping itu pada bulan ini terdapat peristiwa besar yang disebut dengan Nisfu Sya’ban, yang pada saat itu amal umat islam selama setahun dihaturkan kepada Allah swt.

Sehingga  Rasulullah saw melanjutkan sabdanya: 

خُذُوا مِنَ الأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ فَإِنَّ اللَّهَ لَنْ يَمَلَّ حَتَّى تَمَلُّوا

Artinya: Lakukanlah amal-amal kebaikan semampu kalian karena Allah tidak akan bosan sampai kalian yang merasa bosan

Jamaah sidang jumat yang dimuliakan Allah

Ibnu Rajab berkata: Hadits di atas menjadi dalil akan disunahkannya meramaikan waktu-waktu yang dilupakan manusia dengan melakukan taat. Hal ini yang disukai oleh Allah azza wa jalla karena saat meramaikan waktu tersebut terdapat beberapa faedah: 

أَنَّهُ يَكُوْنُ أَخْفَى، وَإِخْفَاءُ النَّوَافِلِ وَإِسْرَارُهَا أَفْضَلُ (karena lebih samar, sedangkan menyamarkan dan menyembunyikan ibadah-ibadah lebih utama)

Amalan sunah merupakan amalan yang lebih baik disembunyikan. Sehingga amal tersebut yang hanya diketahui oleh orang yang beramal dan Alllah semata. Berbeda dengan ibadah wajib seperti salat fardu atau puasa Ramadan maka lebih baik ditampakkan untuk menampakkan syiar agama Allah. Dalam hal ini, Puasa atau ibadah pada bulan sya’ban seperti halnya orang yang melakukan shalat sunah pada malam hari di saat orang-orang terlelap tidur sehingga mendapatkan perhatian khusus dari Allah swt. Secara global ibadah sunah lebih utama disembunyikan kecuali dalam kondisi dan bagi orang-orang tertentu.  

أَنَّهُ أَشَقُّ عَلَى النُّفُوْسِ، وَأَفْضَلُ الْأَعْمَالِ أَشَّقُهَا عَلَى النُّفُوْسِ (karena lebih berat bagi nafsu, dan lebih utama-utamanya amal adalah yang lebih berat bagi nafsu)

Seberapa besar pahala sebuah ibadah di antara tergantung seberapa besar dalam mujahadah atau melawan nafsu. Puasa sya’ban terasa berat karena kebanyakan orang lalai. Mereka sudah merasa cukup dengan melakukan puasa bersama-sama saat bulan rajab dan akan melakukan puasa wajib pada bulan Ramadhan. 

أَنَّ الْمُنْفَرِدَ بِالطَّاعَةِ بَيْنَ أَهْلِ الْمَعَاصِي وَالْغَفْلَةِ قَدْ يُدْفَعُ بِهِ الْبَلَاءِ عَنِ النَّاسِ كُلِّهِمْ (karena melakukan taat sendiri di antara orang-orang yang melakukan maksiat dan lupa terkadang menjadi sebab ditolaknya bencana dari semua manusia)

Di antara sebab tidak diturunkan bencana adalah masih ada orang-orang yang beribadah dan beristighfar, sebagaimana zaman dahulu Allah tidak menurunkan bencana atau siksa kepada kafir quraisy Mekkah karena ada rasulullah, begitu juga saat rasulullah hijrah ke Madinah mereka tetap tidak diberi bencana karena ada orang-orang mukmin yang beristighfar. 

Semoga kita bisa terus istiqamah beribadah kepada Allah setiap bulan, bukan hanya pada bulan-bulan mulia saja. Semoga kita bisa maksimal beribadah pada bulan Sya’ban sehingga pada bulan Ramadan lebih maksimal lagi. Rajab adalah bulan menanam, sya’ban adalah bulan merawat, dan Ramadan bulan memanen. Sya’ban bulan pembersihan diri dan Ramadan adalah bulan peleburan dosa. 

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم stighfar marang kekurangan kito anggene ngelampahi istiqomah taat.ih kanthi senen الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، إِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ، أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ خَالِدِيْنَ فِيْهَا جَزَاءً بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

وَ قُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَ اَنْتَ اَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

اَلْخُطْبَةُ الثَّانِيَةُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ، وَاَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَمَّا بَعْدُ:

فَيَا اَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ! اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ، وَاتَّقُوْا يَوْمًا تُرْجَعُوْنَ فِيْهِ اِلَى اللهِ، وَاتَّقُوْا اللهَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ، وَاتَّقُوْا اللهَ الَّذِيْ تَسَائَلُوْنَ بِهِ، وَاتَّقُوْا اللهَ الَّذِيْ عِنْدَهُ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ.

هَذَا وَاعْلَمُوْا رَحِمَنِيَ اللهُ وَاِيَّاكُمْ اَنَّ اللهَ جَلَّ جَلَالُهُ أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ عَلَى نَبِيِّهِ فَقَالَ قَوْلًا كَرِيْمًا : إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ صَاحِبِ الْوَجْهِ الْأَنْوَرِ وَالْجَبِيْنِ الْأَزْهَرِ. وَارْضَ اللَّهُمَّ عَلَى الْأَرْبَعَةِ الْخُلَفَاءِ الْأَئِمَّةِ الْحُنَفَاءِ الَّذِيْنَ قَضَوْا بِالْحَقِّ وَبِهِ كَانُوْا يَعْدِلُوْنَ، وَعَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ مَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلِّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ. اَللَّهُمَّ نَسْأَلُكَ وَاَنْتَ الْقَوِيُّ الْعَزِيْزُ وَاَنْتَ نَاصِرُ عِبَادِكَ الْمُتَّقِيْنَ نَسْأَلُكَ اَنْ تَنْصُرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يُجَاهِدُوْنَ فِى سَبِيْلِكَ فِى كُلِّ مَكَانٍ، اَللَّهُمَّ انْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ، اَللَّهُمَّ انْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ مِنَ الْيَهُوْدِ وَالنَّصَارَى وَالْمُشْرِكِيْنَ وَالْمُلْحِدِيْنَ وَسَائِرِ اَصْنَافِ الْمُرْتَدِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. اَللّٰهُمَّ ارْحَمْ مَوْتَانَا وَمَوْتَى الْمُسْلِمِيْنَ وَاشْفِ مَرْضَانَا وَمَرْضَى الْمُسْلِمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأّذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ، وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ مِنَ الْيَهُوْدِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَسَائِرِ أَعْدَاءِ الدِّيْنِ، اَللّٰهُمَّ اَلْقِ الرُّعْبَ فِى قُلُوْبِ الظَّالِمِيْنَ الْمُتَكِّبِرِيْنَ الْمُتَجَبِّرِيْنَ، اَللّٰهُمَّ فَرِّقْ جَمْعَهُمْ، اَللّٰهُمَّ شَتِّتْ شَمْلَهُمْ، اَللّٰهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ. اَللّٰهُمَّ لَا تُبَلِّغْهُمْ اٰمَالَهُمْ، اَللّٰهُمَّ لَاتُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُنَا. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ


Post a Comment for "Khutbah Indonesia - Sya'ban Bulan yang Terlupakan"