Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebentar Lagi Lebaran, Ini Tata Cara Shalat Idul Fitri

Shalat hari raya idul fitri dilakukan saat  munculnya matahari sampai tergelincirnya matahari. Adapun pelaksanan yang paling utama adalah setelah matahari naik sekira satu tombak -sebagaimana shalat dhuha- sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.

Tata cara shalat idul fitri

Shalat idul fitri dilakukan dua rakaat. Lebih utamanya (sunah) dilakukan dengan berjamaah, karena shalat merupakan syiar Islam. Praktek shalat idul Fitri hampir sama dengan shalat pada umumnya,  hanya saja dalam shalat ini, rakaat pertama dan kedua disunahkan takbir.

Adapun tata cara shalat idul fitri lengkapnya adalah sebagai berikut :
1.       Niat
Adapun niat shalat idul fitri adalah :
اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى
Artinya : Saya niat shalat sunah idul fitri dua rakaat karena Allah ta’ala.
2. Membaca takbir
3. Membaca iftitah dan ta'awudz
4. Membaca takbir 7 kali pada rakaat pertama dan takbir 5 kali pada rakaat.
Membaca takbir dengan bilangan ini hukumnya sunah. Dan, bila sudah membaca Fatihah maka tidak disunahkan memperbanyak membaca takbir.
Dan orang yang meninggalkannya tidak disunahkan sujud sahwi karena bukan termasuk sunah ab’ad.
Adapun dalam setiap selah takbir, disunahkan membaca :

سُبْحَانَ اللّٰهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَ اللّٰهُ اَكْبَرُ

Kemudian membaca اللّٰهُ اَكْبَرُ dengan keras.
5. Membaca Fatihah
6. Membaca surat
Surat yang dibaca sebagaimana hadis Ibnu Umar adalah surat Qaf pada rakaat pertama dan surat Al-Qamar pada rakaat kedua. Namun, dalam hadis yang lain menyatakan bahwa ketika melaksanakan shalat dua hari raya dan shalat Jumat beliau membaca surat al-A'la pada rakaat pertama dan surat Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua.
7. Rukun
8. I'tidal
9. Sujud
10. Duduk di antara dua sujud
11. Membaca tahiyat
12. Membaca shalawat
12. Salam
13. Setelah melaksanakan shalat idul Fitri kemudian dilaksanakan (sunah) dua khutbah sebagaimana khutbah jumat dalam hal rukun dan sunahnya, bukan syarat-syaratnya. Dengan perbedaan pada khutbah pertama bertakbir Sembilan kali dan pada rakaat kedua tujuh kali. Khutbah ini tidak disunahkan untuk orang yang shalat sendiri. Tetap sunah bagi orang yang shalat id berdua atau lebih banyak.

Demikian tata cara shalat idul Fitri. Semoga dengan ditandai telah melaksanakan shalat idul Fitri ini kita semua benar-benar bersih. Maka, benar-benar merugi orang yang ditinggalkan ramadan namun dosa belum termusnahkan..

Post a Comment for "Sebentar Lagi Lebaran, Ini Tata Cara Shalat Idul Fitri"