Penjelasan Qoza, Model Rambut yang Dilarang
Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali anak muda yang ingin tampil modern atau gaul. Sayang sekali kata "gaul" bagi mereka lebih identik dengan meniru gaya hidup bangsa barat. Mulai dari sikap, fashion, dan penampilan mereka lebih terobsesi dengan orang-orang barat untuk menuju anak muda yang modern. Termasuk penampilan adalah model rambut, dan yang ramai dari model rambut adalah gaya mohawk dan dengan tambahan skin ataukah lukisan rambut.
Pemberian skin tersebut masuk dalam kategori Qoza'. Sebaimana diriwayatkan oleh imam nafi, dari ayahnya,
Terdapat beberapa tafsiran dalam memaknai “qoza'” ; Imam Nafi' atau Ubaidillah mengatakan bahwa, Qoza' adalah mencukur sebagian kepala secara mutlak. Ada yang mengatakan mencukur kepala dengan terpisah-pisah. Sedangkan asal Makna dari qoza' adalah potongan mendung. Rambut yang dipotong sebagian disebut qoza' karena menyerupai mendung yang terpisah-pisah.
Hukum qoza' dalam larangan di atas adalah makruh. Dengan demikian model rambut dengan memberi skin juga dihukumi makruh. Alasan tidak diperbolehkannya adalah adanya tasywih(merubah) atau adanya unsur tasybih(menyerupai) orang fasiq, dan bila ada unsur tasybih maka bisa dihukumi haram.
Ilustrasi hanya pemanis |
Pemberian skin tersebut masuk dalam kategori Qoza'. Sebaimana diriwayatkan oleh imam nafi, dari ayahnya,
عَنْ اِبْن عُمَر أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الْقَزَع . قُلْت لِنَافِعِ : وَمَا الْقَزَع ؟ قَالَ : يُحْلَق بَعْض رَأْس الصَّبِيّ وَيُتْرَك بَعْض
Artinya : Dari Ibnu Umar, bahwa Nabi Saw. mencegah qoza'. Aku bertanya kepada Nafi', "Apakah Qoza' itu?" Ia berkata, "Dicukurnya sebagian kepala seorang anak dan dibiarkan sebagian lainnya.”Terdapat beberapa tafsiran dalam memaknai “qoza'” ; Imam Nafi' atau Ubaidillah mengatakan bahwa, Qoza' adalah mencukur sebagian kepala secara mutlak. Ada yang mengatakan mencukur kepala dengan terpisah-pisah. Sedangkan asal Makna dari qoza' adalah potongan mendung. Rambut yang dipotong sebagian disebut qoza' karena menyerupai mendung yang terpisah-pisah.
أسنى المطالب - (ج 7 / ص 57)
( وَيُكْرَهُ الْقَزَعُ ) لِلنَّهْيِ عَنْهُ فِي الصَّحِيحَيْنِ وَفِي أَبِي دَاوُد أَنَّهُ زِيُّ الْيَهُودِ ، وَهُوَ حَلْقُ بَعْضِ الرَّأْسِ مُطْلَقًا وَقِيلَ : حَلْقُ مَوَاضِعَ مُتَفَرِّقَةٍ مِنْهُ وَجَرَى عَلَيْهِ الْغَزَالِيُّ فِي الْإِحْيَاءِ ، وَأَمَّا حَلْقُ جَمِيعِ الرَّأْسِ فَلَا بَأْسَ بِهِ لِمَنْ أَرَادَ التَّنْظِيفَ ، وَلَا بِتَرْكِهِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يَدْهُنَهُ وَيُرَجِّلَهُ ذَكَرَهُ فِي الرَّوْضَةِ وَالْمَجْمُوعِ وَاحْتُجَّ لِذَلِكَ فِيهِ { بِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الْقَزَعِ وَقَالَ لِيَحْلِقْهُ كُلَّهُ أَوْ لِيَدَعْهُ كُلَّهُ } قَالَ ، وَأَمَّا الْمَرْأَةُ فَيُكْرَهُ لَهَا حَلْقُ رَأْسِهَا إلَّا لِضَرُورَةٍ .
Hukum qoza' dalam larangan di atas adalah makruh. Dengan demikian model rambut dengan memberi skin juga dihukumi makruh. Alasan tidak diperbolehkannya adalah adanya tasywih(merubah) atau adanya unsur tasybih(menyerupai) orang fasiq, dan bila ada unsur tasybih maka bisa dihukumi haram.
فيض القدير - (ج 1 / ص 260)
قال الحراني : والحلق إزالة ما يتأتى الزوال فيه بالقطع من الآلة الماضية في عمله والرأس مجتمع الخلقة ومجتمع كل شئ رأسه (أو اتركوه) وفي رواية أو ذروه (كله) فإن الحلق لبعض الرأس وترك بعضه مثله ويسمى القزع فهو مكروه مطلقا تنزيها إلا لعذر سواء كان لرجل أو امرأة ذكره النووي وسواء كان في القفا أو الناصية أو الوسيط خلافا لبعضهم وأكده بقوله كله دفعا لتوهم التجوز بإرادة الأكثر وذلك لما فيه من التشويه وتقبيح الصورة والتعليل بذلك كما قال القرطبي أشبه منه بأنه زي أهل الدعارة والفساد وبأنه زي اليهود وفهم من إطلاقه عموم النهي كما لو ترك منه مواضع متفرقة أو حلق الأكثر وترك محلا واحدا وهذا من كمال محبة المصطفى صلى الله عليه وسلم للعدل فإنه أمر به حتى في شأن الإنسان مع نفسه فنهاه عن حلق بعض وترك بعض لأنه ظلم للرأس حيث ترك بعضه كاسيا وبعضه عاريا ونظيره المشي في نعل واحدة وقوله احلقوه كله يدل على جواز الحلق وهو مذهب الجمهور
Post a Comment for "Penjelasan Qoza, Model Rambut yang Dilarang"
Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan